LANGSUNG CHAT WA

KAWAH SIKIDANG

Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat wisata paling populer yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Lokasi kawah Sikidang ini berada di Desa Dieng Kulon,Kecamatan Batur,Kabupaten Banjarnegara.

Terjadinya kawah Sikidang,menurut legenda yang menyebar ditengah masyarakat ternyata dilatarbelakangi sebuah kisah cinta seorang raja yang berakhir tragis. Kisah antara seorang raja yang terkenal sakti,kaya raya,dan bertubuh tinggi besar namun berkepala kijang (bahasa jawa: Kidang) bernama Raja Kidang Garungan. Dengan seorang ratu yang cantik dan terkenal,yang bernama Ratu Sintha Dewi.

Foto Kawah Sikidang Dieng

Namun jika dilihat dari sudut pandang lain mengapa tempat wisata Dieng ini dinamakan kawah sikidang yaitu disebabkan lobang yang beberapa kali berpindah dari satu titik ke titik lain seperti melompat-lompat. Lompat-lompat inilah yang menjadi ciri hewan yang bernama kidang / kijang. Selain itu belerang di dalam sini sangat panas,mendidih dan seolah-olah melompat seperti kijang.

Teori lain menyebutkan bahwa dengan kedalaman 1-2 meter dari permukaan tanah, bibir kawah sikidang sangat mudah longsor. Apabila terjadi aktivitas-aktivitas vulkanik, bibir kawah Sikidang akan semakin bertambah besar.

Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara

Dari air bercampur lumpur yang berwarna keabu-abuan dan hitam pekat ini tercium bau belerang yang sangat menyengat. Asap atau uap belerang tersebut sebaiknya kita hindari. Oleh karena itu sangat disarankan membawa masker jika berkunjung di tempat wisata Dieng yang satu ini.

Disekitar kawah utama terdapat lubang2x kecil yang juga mengeluarkan belerang uap panas. Uniknya kalau kita membawa telur dan kita letakkan tepat diatas lubang kawah kecil tersebut, setelah kita tunggu beberapa saat, telur rebus tersebut akan matang.

Tiket masuk tempat wisata ini jadi satu paket dengan tiket masuk ke kawasan Candi Arjuna. Tempat wisata ini masuk dalam kawasan Zona 1 dengan dan menjadi salah satu tempat wisata yang paling popular di Dieng.

Sebenarnya tempat wisata kawah sikidang bukanlah satu-satunya kawah yang ada di Dieng. Ada beberapa kawah lainnya seperti Sileri, Candradimuka, dan lainnya. Namun memang yang paling besar dan ramai dikunjungi adalah tempat wisata kawah Sikidang ini.

Posting Komentar untuk "KAWAH SIKIDANG"